Sabtu, 29 Oktober 2011

Persaingan Perempuan dalam Dunia Kerja


Bayangan akan saling tusuk dari belakang dan kompetisi di antara perempuan di tempat kerja mudah meluas. Bersiaplah untuk mengatasi konflik dan kompetisi yang mungkin timbul, dan keluar dari hal tersebut dengan network sekutu yang kuat. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa digunakan :


1. Jangan membuat segitiga
Jika anda memiliki masalah dengan rekan kerja atau atasan, jangan mengeluh pada orang ketiga (menciptakan segitiga). Sebaliknya, katakan langsung pada orang yang bersangkutan. Menetapkan kebijakan tanpa gosip pada diri sendiri akan memberi reputasi baik pada diri anda di lingkungan kantor.

2. Hadapi langsung masalah ketika timbul
Jika anda membiarkannya membusuk, anda kemungkinan besar akan menciptakan segitiga, merasa benci, dan bergosip. Jaga percakapan anda fokus pada isu pekerjaan (jangan mengeluarkan keluhan-keluhan kecil)

3. Jangan membuka terlalu banyak informasi pribadi
jangan terlalu bersemangat untuk menyesuaikan diri di tempat kerja. Meskipun nampaknya anda memiliki banyak kesamaan dengan rekan kerja perempuan anda, ingatlah bahwa membutuhkan waktu untuk mengetahui siapa yang bisa anda percaya, dan orang yang percaya pada anda. Jangan mengumbar apapun yang anda tidak ingin atasan anda tahu!

4. Anda bisa ramah tanpa perlu menjadi teman
Hari kerja bisa terasa membosankan tanpa pertemanan, tapi perlu adanya parameter

5. Jangan menganggap perempuan dari generasi berbeda "diluar jangkauan"
Dengan banyaknya kelompok usia yang berbeda di tempat kerja, penting memaksimalkan apa yang anda bisa pelajari dari semua rekan kerja perempuan anda. Jangkau mereka, dan mainkan peranan aktif dalam menjembatani perbedaan generasi--banyak manfaatnya bagi anda.

6. Bangun network perempuan dengan yang baru dengan mengajak orang baru.
Ketika anda sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan seseorang, siapa yang akan anda datangi? Tentunya bukan seseorang yang lebih senior dari anda. Juga, referensi dan lowongan, yang anda dengar lebih banyak dari teman sebaya anda.

Itulah mengapa penting untuk dekat dengan perempuan secara horizontal, dan mulailah membangun network anda sekarang. Jika anda membangun budaya dimana perempuan saling membantu satu sama lain dalam mengembangkan posisi menjadi lebih tinggi, pikirkan pengaruh apa yang bisa anda dapat bersama.

Sumber Referensi :
http://metroaktual.com/artikel/persaingan-perempuan-dalam-dunia-kerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar